Bersama Masyarakat, Anggota Satgas Yonif 144/JY Lestarikan Budaya Adat Ngampun Tolak Balak di Perbatasan

  • Bagikan
Bersama Masyarakat, Anggota Satgas Yonif 144/JY Lestarikan Budaya Adat Ngampun Tolak Balak di Perbatasan

IndoTimesNews.com Kapuas Hulu, Kalbar– Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY lestarikan budaya adat Ngampun tolak balak di PLBN (Pos lintas Batas Negara) desa Janting, Kecamatan Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar.

Hal ini disampaikan Dansatgas Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis sabtu (29/01/2022).

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Satgas Pamtas 144/JY dalam melestarikan budaya adat Ngampun tolak balak yang diselenggarakan oleh para tokoh masyarakat, tumenggung,Patih dan Forkopimca Nanga Badau.”

“Warisan budaya Indonesia harus kita lestarikan meskipun perkembangan zaman yang serba modern. Dengan kegiatan ini diharapkan mampu membuat hubungan yang harmonis antara satgas dengan masyarakat yang ada di perbatasan”, ucapnya.

Dikatakan Yohanes Ubang selaku Tumenggung,”Kegiatan acara adat Ngampun tolak balak ini sudah turun menurun dari zaman leluhur kami, dilaksanakan di perbatasan, tepatnya di pintu gerbang PLBN Nanga Badau yang pelaksanaannya setahun sekali. Adapun maksud dan tujuannya adalah agar masyarakat kita di berikan kesehatan, kesejahteraan dan kesuksesan,serta dijauhkan dari bahaya dan bencana”, pungkasnya.

Letda Inf Hendri Calaus selaku Pasiter Satgas”,Kami menghadiri acara adat Ngampun tolak balak ini bertujuan untuk ikut melestarikan budaya adat yang ada di perbatasan. Budaya ini tetap kita hormati sehingga kebudayaan yang ada di Indonesia tidak terkikis dengan perkembangan zaman dan teknologi”, imbuhnya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan selalu mengedepankan protokol kesehatan.

(Pen Yonif 144/JY).

Editor: Libertus

  • Bagikan