Sekjen FW & LSM Kalbar-Indonesia: “Saya Tidak Melihat Alasan untuk Tidak Mendukung Aksi Wartawan Indonesia Bersatoe”

  • Bagikan

IndoTimeNews.com Pontianak, Kalbar – Sekretaris Jenderal Forum Wartawan & LSM Kalbar-Indonesia, Wawan Daly Suwandi menyatakan, bahwa pihaknya tidak melihat adanya alasan untuk tidak mendukung gerakan rekan-rekan wartawan untuk melakukan aksi damai, pada Kamis (24/03/2022) besok.

Tentu kami sangat mendukung aksi yang akan dilakukan rekan-rekan. Dan saya tidak melihat adanya alasan untuk tidak mendukung. Karena apa yang dilakukan rekan-rekan merupakan hak yang dilindungi undang-undang,” tegasnya.

Menurut Wawan, kebebasan berbicara atau menyampaikan aspirasi di muka umum merupakan hak bagi setiap warga negara.

Apalagi ini terkait dengan profesi kewartawanan, yang memang harus disikapi secara serius oleh pihak-pihak terkait,” jelasnya.

Sebelumnya, seperti yang diberitakan, Forum Wartawan & LSM Kalbar-Indonesia juga akan andil dalam pemasangan sejumlah atributnya, seperti bendera, spanduk dan baliho dalam aksi demonstrasi bertajuk “Aksi Wartawan Indonesia Bersatoe” tersebut.

Ya, rencananya demikian, kami masih kontak-kontakan juga dengan rekan-rekan di sana, seperti apa teknisnya besok,” ujarnya.

Sebagai informasi, aksi ini akan berlangsung di dua titik, yakni ke gedung Dewan Pers dan Mabes Polri.

Massa aksi akan menyampai empat tuntutan, yakni antara lain;

1). Pidanakan Iskandar Zulkarnain Ketua Dewan Kehormatan PWI Lampung yang mengaku Ahli Pers Dewan Pers (Statement nya mengaburkan konstitusi UU Pers. No 40 tahun 1999).

2). Hapus Aturan Verifikasi media dan UKW Dewan Pers karena keluar dari konstitusi amanah UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers.

3). Singkirkan para oknum pengurus Dewan Pers yang tak sejalan dengan visi misi dibentuknya Dewan Pers.

4). Cabut SK Presiden, serta nota kesepahaman Dewan Pers dengan TNI/Polri dan Pemerintah.

(FikA)

Editor: Libertus

  • Bagikan