Penyerapan Anggaran APBD 2022 Meningkat Dan Sempat Terkendala di Anggaran Perubahan

  • Bagikan

Sanggau, Kalbar IndoTimeNews.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka saat di jumpai Media ini di ruang kerjanya pada 10 Januari 2023.

Kukuh mengatakan untuk penyerapan anggaran APBD Kabupaten Sanggau untuk tahun 2022, sudah cukup baik karena ada peningkatan dari tahun lalu.

“Penyerapan anggaran APBD Kabupaten Sanggau ada peningkat di bandingkan tahun sebelumnya, bahwa penyerapan program anggaran APBD Kabupaten Sanggau memang sudah berjalan dan saat ini sudah memasuki serapan anggaran, dari sisi belanja peningkatan secara keuangan di atas 90%,” ucap Kukuh.

Lebih lanjut Sekda Kabupaten Sanggau menjelaskan untuk persentase penyerapan program anggaran APBD Kabupaten Sanggau naik beberapa persen dari tahun sebelumnya.

“Penyerapan program anggaran APBD Kabupaten Sanggau dari segi belanja secara keuangan di atas 90% dan cendrung mengikat dari tahun sebelumnya dimana hampir mencapai 94%” jelas Kukuh.

Namun demikian Kukuh Triatmaka menjelaskan bahwa angka pasti penyerapan dan pengembalian sisa keuangan ke Kas daerah setelah di lakukan audit oleh BPK dan berdasarkan pemaparan dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) Kabupaten Sanggau.

“Namun secara pasti angkanya kita nanti akan mendapatkan setelah tanggal 10 Januari 2023 ini untuk pengembalian sisa-sisa kas yang ada di masing masing OPD dan Kecamatan, kemudian nanti akan di lakukan audit BPK di akhir Januari ini dan datang langsung memotret kondisi keuangan masing masing OPD serta keuangan di Pemda Sanggau secara keseluruhan” jelas Sekda.

Kukuh juga menyampaikan bahwa tidak hanya penyerapan anggaran yang hampir 100% tetapi juga terhadap pendapatan daerah Kabupaten Sanggau juga sudah mencapai 100% bahkan lebih.

“Terhadap pendapatan kita juga saat ini sudah mencapai 100% kalau dari PAD murninya dan dana transfer sudah mendekati 100% nanti tinggal kita kalkulasi saja kekurangan ataupun secara digit akan kita evaluasi tetapi secara pendapatan sudah mendekati 100%.” terangnya.

Sekda Kabupaten Sanggau ini juga tidak menampik bahwa dalam proses penyerapan anggaran pada tahun 2022 yang lalu mengalami berbagai kendala terutama dalam belanja di bidang fisik pembangunan dan infrastruktur, hal tersebut di sampaikan bahwa pada anggaran perubahan terlebih lagi faktor cuaca yang ekstrim dan waktu pengerjaan yang begitu singkat.

“Terkait dengan kendala, memang di ahir tahun ini kita mengalai kendala dengan pekerjaan fisik terutama faktor cuaca kemudian di tahun anggaran itu dalam perjalananya anggaran APBD Kabupaten Sanggau ada perubahan yang signifikan seperti belanja dari 1,6 T menjadi 1,7 T. Kalau dilihat dari segi waktu memang agak kurang kalau pengerjaan fisik karena waktu pengerjaannya begitu singkat dan ini menjadi kendala dan akan kita evaluasi ke depan supaya tidak terjadi lagi” terang Kukuh.

“Atas kendala dan permasalahan tersebut Pemerintah Daerah sudah menyiapkan berbagai strategi kedepannya supaya permasalahan tersebut tidak terulang kembali, seperti akan melakukan jadwal tender yang akan di percepat sehingga proses pengerjaan dapat tercapai secara maksimal,” tutup Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka.

(Libertus)

  • Bagikan