Menjelang Operasi Keselamatan Kapuas 2023, Kapolres Bengkayang Beri Pemahaman Kepada Para Pelajar

  • Bagikan

Bengkayang, Kalbar IndoTimeNews.com – Kepala Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H., menjadi inspektur upacara di SMA Negeri 1 Bengkayang untuk memberikan arahan dan sosialisasi mengenai Operasi Keselamatan Kapuas 2023, pada Senin 6 Februari 2023, pagi.

Pada upacara yang dilaksanakan tersebut, Kapolres didampingi oleh Kasat Lantas Polres Bengkayang IPTU Sangidun serta diikuti oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bengkayang, dewan guru dan seluruh murid dari kelas 1 SMA hingga kelas 3 SMA.

Saat membuka amanatnya, Kapolres Bengkayang menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan yang dilakukan atau dilaksanakan.

“Besok, kami dari pihak kepolisian dalam hal ini Polres Bengkayang akan menyelenggarakan Operasi Keselamatan Kapuas 2023, yang akan berlangsung selama 14 hari, terhitung besok hingga tanggal 20 Februari 2023,” ucapnya.

“Operasi Keselamatan Kapuas 2023 merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan budaya tertib berlalu lintas masyarakat. Tujuannya agar dapat menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, angka kecelakaan lalu lintas dan jumlah fatalitas korban kecelakaan. Serta meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas,” jelas Kapolres.

“Ada 4 faktor yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, antara laini faktor manusia, faktor sarana dan prasarana jalan, faktor cuaca dan faktor kendaraan, akan tetapi yang menjadi faktor paling utama terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah faktor manusia,” tambahnya.

Kapolres Bengkayang menerangkan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Bengkayang jumlahnya cukup tinggi dikarenakan kurangnya disiplin setiap pengendara dalam berlalu lintas dan tidak taatnya pada undang-undang dan peraturan lalu lintas yang berlaku

“Apabila kita sebagai pengendara kendaraan bermotor dapat melaksanakan semua ketentuan undang – undang dan peraturan serta etika berlalu lintas dengan baik tentunya akan bisa mengurangi angka terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bengkayang ini,” terangnya.

Sasaran dalam Operasi Keselamatan Kapuas 2023 di Polres Bengkayang adalah Pengendara tidak menggunakan helm, pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang, mengemudikan kendaraan dibawah pengaruh alkohol, menggunakan handphone saat berkendara, pengemudi dibawah umur, mengemudikan kendaraan melebihi batas kecepatan, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi dan penyuluhan melalui spanduk mengenai tertib berlalu lintas serta patroli dan pengaturan pada lokasi rawan kemacetan, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

Tidak hanya itu, kami juga akan melakukan kegiatan- kegiatan pencegahan aksi balapan liar yang kerap berlangsung dan meresahkan masyarakat di berbagai bilangan jalan, termasuk dipermukiman rumah warga.

Mengenai hal tersebut, Kapolres membeberkan mengenai kejadian beberapa bulan yang lalu, anak-anak yang masih tergolong pelajar melakukan aksi balapan liar dan tawuran yang kemudian pihaknya mengamankan anak-anak tersebut untuk dilakukan pemanggilan kepada pihak orangtua ke Mapolres Bengkayang.

“Beberapa bulan yang lalu, kami berhasil mengamankan anak-anak yang akan melakukan aksi balapan liar serta tawuran diwilayah Kecamatan Bengkayang. Kami bawa ke Polres yang kemudian orangtua dari masing-masing anak kami panggil ke Polres Bengkayang,” beber Kapolres.

Kepada dewan guru dan murid SMAN 1 Bengkayang, Kapolres Bengkayang mengungkapan harapannya untuk bersama-sama menjaga harkamtibmas, sebab terciptanya ketertiban dan kelancaran lalu lintas menjadi tanggung jawab bersama.

“Terakhir, kami berharap kepada para dewan guru dan adek-adek pelajar sekalian, untuk bersama-sama menjaga harkamtibmas, patuhi setiap aturan lalu lintas yang sudah ditetapkan. Khusus para murid, jangan terlibat balapan liar apalagi sampai melakukan aksi tawuran. Karena hal itu sifatnya mengganggu publik dan mengancam keselamatan diri maupun orang lain. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan,” tutupnya.

Diakhir kegiatan, Kapolres menyerahkan Helm kepada perwakilan pelajar SMA Negeri 1 Bengkayang sebagai wujud perhatian dan Pelopor Keselamatan Berlalu lintas serta Inovasi Operasi Keselamatan Kapuas 2023.

(Libertus)

  • Bagikan