Festival Meriam Karbit Bupati Cup Sekadau dalam Rangka Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah

  • Bagikan
Foto: Persiapan Kegiatan Festival Meriam Karbit Bupati Cup di Sekadau

SEKADAU IndoTimeNews.com – Kegiatan Festival Meriam Karbit Bupati Cup di Sekadau di adakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Serta menjadi ajang untuk mempromosikan kebudayaan daerah Sekadau.

Didi Arisandi, salah satu panitia Festival Meriam Karbit Bupati Cup Kabupaten Sekadau, mengungkapkan bahwa proses penilaian dalam lomba karbit di mulai dari stand karbit keraton dan berakhir di stand karbit tanjung pada malam penyambutan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Selain itu, di malam yang sama di lakukan penilaian dan penerimaan hadiah di stand karbit ONTA Desa Tanjung.

“Lomba karbit tersebut memiliki beberapa kategori dan persyaratan peserta. Pertama, meriam karbit harus terbuat dari batang kayu (bukan papan). Kedua, minimal setiap stand harus memiliki 2 buah meriam. Ketiga, yang di nilai hanya 2 buah meriam. Keempat, setiap peserta harus memiliki susunan kepanitiaan yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan anggota. Kelima, setiap peserta harus memiliki tempat stand khusus. Seperti dalam meletakkan meriam karbit, posisi meriam bisa di dalam, di samping, atau di depan stand,” jelas Didi.

Sementara, kata Didi, kategori penilaian dalam lomba karbit tersebut terdiri dari empat bagian. Pertama, meriam karbit di nilai 10 poin. Kedua, suara meriam karbit di nilai 30 poin. Ketiga, keindahan stand meriam karbit yang meliputi jumlah meriam karbit di setiap stand dan kreativitas dekorasi stand di nilai 30 poin. Keempat, kekompakan peserta dalam hal keseragaman pakaian dan ketertiban di nilai 30 poin.

Ia menuturkan bahwa lomba karbit ini di adakan sebagai bagian dari tradisi menyambut Idul Fitri di Kabupaten Sekadau.

“Dalam perlombaan, peserta menampilkan meriam karbit terbaik mereka. Selain sebagai hiburan, lomba karbit juga di jadikan sebagai ajang memperkenalkan kebudayaan dan keindahan Kabupaten Sekadau kepada masyarakat luas,” ungkap Didi.

Lebih lanjut kata Didi, jum’at pagi (14/4) Bupati Sekadau, Aron beserta panitia Karbit akan menyalurkan bantuan kepada masing-masing Tim Karbit yang mengikuti perlombaan Festival Meriam Karbit Bupati Cup Kabupaten Sekadau.

“Besok sore Bupati Sekadau dan Paniti akan menyerahkan bantuan kepada peserta karbit di Surau Kampung tebal, insyaAllah pukul 16.30,” tutup Didi.

(Libertus)

  • Bagikan