Wujud Peduli, Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha Sumbangkan Rakit Bambu Untuk Penyebrangan Kepada Warga Perbatasan

  • Bagikan
Foto: Wujud Peduli, Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha Sumbangkan Rakit Bambu Untuk Penyebrangan Kepada Warga Perbatasan

ENTIKONG, SANGGAU IndoTimeNews.com – Wujud kepedulian terhadap wilayah binaannya, Prajurit Pos Mangkau Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha bersama warga melakukan karya bhakti pembuatan Rakit Bambu dan sekaligus penyerahan kepada warga perbatasan, bertempat di Lintasan Sungai Sekayam Dusun Mangkau, Desa Palapasang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Demikian di sampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. Minggu, 7 Mei 2023.

Dansatgas mengatakan, kegiatan karya bhakti pembuatan rakit bambu tersebut di pimpin langsung oleh Danpos Mangkau Serka Widi Sanjaya beserta 5 (lima) orang personil dan di serahkan langsung rakit bambu tesebut kepada bapak Tedi yang nantinya akan di gunakan untuk penyebrangan lintasan sungai sekayam dusun mangkau warga masyarakat sekitar.

Di katakannya, Pembuatan rakit bambu tersebut terbuat dari bambu yang kemudian di ikat dengan tali dan karena tidak ada jembatan penyebrangan yang dapat di gunakan oleh warga sebagai jalan alternatif di buatlah rakit bambu tersebut untuk di pakai penyebrangan warga masyarakat.

“Lintasan penyebrangan Sungai Sekayam tersebut merupakan akses jalan satu-satunya yang di gunakan warga untuk beraktivitas, karena merupakan menghubungkan 2 (dua) desa yaitu Desa Palapasang Dusun Mangkau Kecamatan Entikong Dengan Desa Gunung Tembawang Kecamatan Entikong,” terangnya.

Di akhir Dansatgas menyampaikan, selain tugas pokok, dalam hal ini Satgas Pamtas Yonif 645/GTY adalah mengamankan wilayah perbatasan, mencegah pergeseran atau hilangnya patok atau pilar batas negara, mencegah kegiatan illegal, mencegah masuknya barang-barang illegal serta mencegah penyelundupan narkotika, satgas pamtas juga melakukan kegiatan territorial untuk membantu warga perbatasan atau kesulitan yang di hadapi warga.

“Sehingga kemanunggalan TNI dengan rakyat semakin kuat serta sudah di amanahkan juga oleh Bapak Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., yang tertuang dalam perintah harian KASAD pada poin 5 (lima) yaitu, “TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi,” tegasnya.

Bapak Tedi selaku perwakilan dari warga sekitar yang menerima Rakit bambu penyebrangan tersebut mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI dalam hal ini Prajurit Pos Mangkau Satgas Pamtas Yonif 645/Gty.

“Karena telah peduli terhadap kesulitan kami, semoga rakit bambu tersebut dapat bermanfaat di gunakan untuk seluruh warga masyarakat,” ucapnya.
(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty)

  • Bagikan