Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha Bersama Warga Karya Bakti Persiapan Event Kebudayaan Gawia Sowa

  • Bagikan
Foto: Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha Bersama Warga Karya Bakti Persiapan Event Kebudayaan Gawia Sowa

BENGKAYANG IndoTimeNews.com – Wujud kepedulian dan membangun jiwa semangat gotong royong di wilayah perbatasan, Prajurit Pos Komando Utama (Kout) dan Pos Koki SSK II Jagoi Babang Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha Bersama warga melaksanakan karya bhakti dalam rangka persiapan event kebudayaan Gawia Sowa, bertempat di Kampung Budaya “Bung Kupuak” Dusun Jagoi Babang, Desa Jagoi Babang, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalbar.H

Hal tersebut di sampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. Sabtu, 20 Mei 2023.

“Kegiatan karya bakti dalam rangka mempersiapkan acara atau event kebudayaan Gawia Sowa di jagoi babang tersebut di pimpin oleh Danki SSK II jagoi babang Kapten Inf Prayudi Yusga beserta 5 (lima) personel Pos Kout, 8 (delapan) personel Pos Koki SSK II Jagoi Babang dan 4 (empat) personel Tentera Diraja Malaysia (TDM). Ujar Dansatgas

“Kegiatan karya bakti tersebut merupakan wujud kepedulian dan menumbuhkan semangat jiwa gotong royong di wilayah perbatasan oleh prajurit kami yaitu Satgas Pamtas Yonif 645/Gty terhadap daerah-daerah atau desa yang menjadi binaannya,” Imbuhnya.

“Selain itu juga kegiatan karya bakti tersebut sekaligus juga bagi kami untuk selalu mempertahankan kebudayaan serta melestarikan adat istiadat setempat dan wujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat agar semakin kokoh dan erat,” tegasnya.

Selanjutnya perlu di ketahui, bahwa Gawia Sowa merupakan ritual adat untuk menyampaikan syukur pada Tuhan serta roh leluhur yang di yakini bersemayam di gunung, hutan, dan lembah. Ritual Gawia Sowa memiliki pesan moral sebagai suatu konsep kebersamaan seluruh pilar kemasyarakatan.

“Gawia Sowa merupakan event internasional yang di gelar setahun sekali, selain bertujuan untuk ritual adat setempat Gawia Sowa tersebut untuk membangun moralitas, meningkatkan jiwa persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. Selain ucapan syukur, makna Ritual Gawia Sowa juga memberi sesajian atau persembahan pada benda pusaka yang di simpan di rumah adat, yang di sebut Sigal Paad Sadih,” terangnya

Di tempat terpisah Danki SSK II Kapten Inf Prayudi Yusga mengatakan, semoga apa yang kita lakukan dari Satgas Pamtas Yonif 645/Gty dalam membantu penyiapan untuk kegiatan event Gawia Sowa tersebut dapat bermanfaat untuk semuanya serta mudah-mudahan acara event Gawia Sowa nantinya dapat berjalan lancar sesuai rencana yang di harapkan oleh semuanya.

Penulis: Pen Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/WnsEditor: LibertusSumber Berita
  • Bagikan