Gawai Dayak Nosu Minu Podi Dilaksanakan di Rumah Betang Raya Dori Mpulor pada 7 Hingga 9 Juli 2023

  • Bagikan
Foto: Sekertaris Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau, Urbanus, S.Sos.

SANGGAU IndoTimeNews.com – Gawai Dayak Nosu Minu Podi Tahun 2023 di Sanggau di gelar 7 Hingga 9 Juli 2023

Gawai dayak nosu minu podi tahun 2023 di laksanakan di rumah betang raya dori mpulor di Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar.

Hal tersebut di katakan oleh Sekertaris Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau, Urbanus pada (5/6/23).

Ia mengatakan bahwa beberapa waktu lalu DAD Sanggau telah melaksanakan rapat terkait kepanitiaan pelaksanaan gawai dayak nosu minu podi tahun 2023.

“Beberapa hari yang lalu kita telah melaksanakan rapat di aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau. Kita rapat membentuk panitia gawai dayak nosu minu podi. Terpilih sebagai ketua panitia adalah pak Anselmus, Sekertaris pak Valentinus Sudarto dan Bendahara pak Martinus Dop,”kata Urbanus, Senin 5 Juni 2023.

Lanjutnya, panitia akan melaksanakan rapat persiapan terkait pelaksanaan gawai dayak nosu minu podi ini.

“Terkait jadwal pasti rapat akan di informasikan lagi. Dan untuk tuan rumah gawai tahun ini adalah DAD Kecamatan Balai,”jelasnya.

Gawai dayak tahun ini nantinya kembali akan di isi dengan berbagai perlombaan seperti tahun-tahun sebelumnya, sebelum di landa pandemi Covid-19.

“Kita tahu sebelumnya sempat di landa pandemi Covid-19. Bersyukur tahun ini bisa melaksanakannya kembali dengan normal seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu tanpa ada batasan-batasan seperti saat pandemi Covid-19,”ujarnya.

Oleh karenanya, Urbanus mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan gawai dayak nosu minu podi ini.

“Silahkan bagi masyarakat yang akan menyaksikan langsung rangkaian kegiatan pada gawai dayak ini. Terpenting tetap jaga ketertiban dan keamanan, dan harapan kita pelaksanaan gawai ini lancar dari awal hingga penutupan,”ujarnya.

Perlombaan yang di maksud di antaranya adalah lomba tari kreasi dayak, lomba domamangk domia, lomba abang ayong, lomba menyumpit, lomba lagu daerah, lomba menumbuk dan menampik padi, lomba mendongeng, lomba pembuatan kue tradisional, lomba pangkak gasing, lomba membuat dan melukis perisai dan lomba memahat.

  • Bagikan