Gawai Dayak Nosu Minu Podi Tahun 2023 Siap Digelar, Persiapan Panitia Capai 90 Persen

  • Bagikan
Foto: Sekjen DAD Sanggau Urbanus saat foto bersama panitia gawai dayak nosu minu podi ke-19 tahun 2023 menggelar rapat finishing di Aula Kantor Dinas Perhubungan Sanggau

SANGGAU, IndoTimeNews.com – Panitia gawai dayak nosu minu podi ke-19 tahun 2023 menggelar rapat finishing di Aula Kantor Dinas Perhubungan Sanggau, Kalimantan Barat, pada Sabtu 1 Juli 2023.

Tema gawai tahun ini adalah Sabang Merah Bermartabat. Untuk diketahui, gawai dayak berlangsung dari tanggal 7 hingga 9 Juli 2023 di rumah betang raya dori mpulor Sanggau.

Rapat yang di hadiri Sekjen DAD Sanggau Urbanus itu, di pimpin Ketua panitia gawai dayak nosu minu podi ke-19 tahun 2023, Anselmus di dampingi Wakil Ketua panitia Welem Suherman, sekretaris panitia Valentinus Sudarto dan panitia lainnya.

“Dari semua koordinator panitia yang sudah kita kumpulkan dan diskusi bersama, sudah 90 persen persiapan kegiatannya,”katanya, Minggu 2 Juli 2023.

Kepala Dinas Perhubungan Sanggau itu juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sanggau dan Kalbar umumnya, untuk hadir bersama-sama dan mensukseskan gawai dayak di Kabupaten Sanggau ini.

“Terkait agenda kegiatan pada gawai dayak nosu minu podi tahun 2023 ini, kita memodifikasi semua kegiatan rentetan gawai dayak tahun sebelumnya dengan tambahan-tambahan kegiatan yang kita sesuaikan dengan perkembangan jaman, di mana adat ini tetap harus di lestarikan sesuai dengan kemajuan teknologi,”ujarnya.

Sesuai dengan tema yaitu Sabang Merah Bermartabat, artinya Sanggau bangga mengukir sejarah, di setiap tahun ada inovasi-inovasi terbaru dengan mempertahankan adat istiadat.

Sekretaris Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau, Urbanus mengatakan bahwa berbagai perlombaan akan di laksanakan dalam rangkaian gawai dayak nosu minu podi ke-19 tahun 2023 di rumah betang raya dori mpulor di Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar.

“Perlombaan yang di laksanakan adalah lomba tari kreasi dayak, lomba domamangk domia, lomba abang ayong, lomba menyumpit, lomba lagu daerah, lomba menumbuk dan menampik padi, lomba mendongeng, lomba pembuatan kue tradisional, lomba pangkak gasing, lomba membuat dan melukis perisai dan lomba memahat,”katanya.

Dalam kesempatan itu, Urbanus mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan gawai dayak nosu minu podi ini.

“Silahkan bagi masyarakat yang akan menyaksikan langsung rangkaian kegiatan pada gawai dayak ini. Terpenting tetap jaga ketertiban dan keamanan, dan harapan kita pelaksanaan gawai ini lancar dari awal hingga penutupan,”ujarnya.

  • Bagikan