Satreskrim Polres Sanggau Amankan Pelaku Pencurian di Salah Satu SPBU di Sanggau

  • Bagikan
Foto: Satreskrim Polres Sanggau AKP Sulastri, Amankan Pelaku Pencurian di Salah Satu SPBU di Sanggau

SANGGAU, IndoTimeanews.com –
Satreskrim Polres Sanggau mengamankan dua orang terduga pelaku pencurian dengan pemberatan. Dua pelaku yang melakukan operasi pencurianya di SPBU Sungai Mawang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, pada Minggu 2 Juli 2023 kemarin.

Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah melalui Kasat Reskrim Polres Sanggau AKP Sulastri menggelar press release pengungkapan kasus pencurian dengan pemberatan di Ruang Sat Reskrim Polres Sanggau, Kalbar, Senin 3 Juli 2023. Dalam kesempatan itu di tampilkan dua orang terduga pelaku inisial TT dan PJ. Kasus ini berhasil di ungkap polisi dalam kurun waktu 1 x 24 jam.

AKP Sulastri menjelaskan kronologis pengungkapan yaitu pada Jumat 30 Juni 2023 sekitar pukul 19.00 Wib dan 22.30 Wib, pihaknya mengamankan dua orang terduga pelaku inisial TT dan PJ yang berkaitan dengan tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang terjadi di SPBU di Sei Mawang, Kecamatan Kapuas. Terduga pelaku melakukan aksinya pada tanggal 29 Juni 2023 malam.

“Barang bukti yang di amankan dari kedua terduga pelaku yaitu satu buah obeng yang di gunakan sebagai alat untuk merusak pintu kantor SPBU Sei Mawang. Sedangkan uang yang di curi sebesar Rp 3.300.000 telah habis di bagi oleh kedua terduga pelaku dan di pergunakan untuk keperluan minum-minuman keras,” katanya, Senin 3 Juli 2023.

Modus operandinya, kedua terduga pelaku melakukan pencurian tersebut pada malam hari dengan cara masuk kedalam areal pekarangan SPBU dengan cara memanjat dan melompat melewati pagar SPBU.

“Kemudian keduanya menuju ke pintu kantor SPBU dan selanjutnya merusak pintu dengan menggunakan satu buah obeng. Dan setelah berhasil membuka pintu kantor kemudian keduanya masuk kedalam kantor dan mengambil uang yang tersimpan di dalam laci meja,” tuturnya.

Setelah itu, kedua terduga pelaku pergi meninggalkan tempat kejadian dan selanjutnya membagikan uang hasil pencurian tersebut.
Keduanya mengakui bahwa jumlah uang yang di ambil sebesar Rp 2.400.000, yang mana terhadap uang tersebut di bagi dua sama rata.

“Terduga pelaku inisial TT mengambil uang sebesar Rp 1.200.000, sedangkan terduga pelaku inisial PJ mengambil uang sebesar Rp 1.200.000,”jelasnya.

Pasal yang di persangkakan adalah pasal 363 ayat 1 ke 3E, 4E, dan 5E KUHPidana dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama tujuh tahun.

  • Bagikan