PWKS : Pabrik CPO di Duga Buang Limbah Pabrik ke Sungai Kapuas

  • Bagikan

SANGGAU, IndoTimeNews.com.com – Persatuan Wartawan Kabupaten Sanggau ( PWKS ) belum lama ini menerima informasi yang di sampaikan oleh beberapa orang warga di sekitar lokasi pabrik, adanya dugaan pabrik Crude Palm Oil ( CPO ) yang lokasi pabrik tidak jauh dari sungai kapuas di duga telah membuang limbah pabriknya ke Sungai Kapuas.

Wawan Daly Suwandi Ketua Persatuan Wartawan Kabupaten Sanggau mengatakan adanya dugaan pabrik CPO membuang limbahnya ke Sungai Kapuas, hal ini sudah cukup lama di dengarnya.

Karenakan adanya keluhan warga di daerah aliran sungai kapuas, seperti di Penyeladi, Sungai Bongkok, Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau Kalbar,
mengeluhkan gatal-gatal setelah mandi di sungai.

hal ini sudah berlangsung cukup lama, apalagi saat ini curah hujan cukup tinggi, kemungkinan kolam limbahnya meluap karena tidak mampu menampung air hujan.
Sehingga besar kemungkinan adanya pembuangan limbah industri pabrik yang di buang dan di alirkan ke sungai kapuas.

Selain itu menurut Wawan Daly Suwandi, ketua Persatuan Wartawan Kabupaten Sanggau ( PWKS ) juga meminta kepada instansi terkait terutama seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Kementerian Pertanian untuk meninjau ulang Sistem Sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) serta kepada pihak Aparat Penegak Hukum ( APH ) meninjau ke lokasi kolam limbah pabrik pengolahan CPO yang di duga adanya pencemaran lingkungan oleh limbah pabrik.

Sementara pihak manajemen atau pimpinan perusahaan saat berita ini di publikasikan belum bisa di mintai keterangan dan konfirmasinya.

  • Bagikan