Presiden RI Tegaskan Urgensi “STEAM” Dalam Pembelajaran di Militer

  • Bagikan

MAGELANG, IndoTimeNews.com – Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo menegaskan pentingnya materi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) bagi pembelajaran di militer. Untuk itu Akademi Militer (Akmil) harus dapat beradaptasi dengan disrupsi dan perubahan teknologi yang begitu cepat.

Hal tersebut di sampaikan Presiden, saat meresmikan Graha Utama Akmil Magelang, Senin (29/1/2024). Pada kesempatan itu, Presiden di dampingi oleh Menhan RI, Menkomarvest, Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc. serta para pejabat negara lainnya seperti Kasal, Kasau, Kapolri, Ketua Komisi I DPR RI dan para sesepuh Angkatan Darat

Dalam sambutannya, Presiden mengurai bahwa alasan Akmil harus segera beradaptasi, di dasari pada kondisi landscape ekonomi global saat ini yang terus bergerak dan berubah, demikian pula dengan landscape politik global dan dinamika teknologi yang pesat.

“Akademi Militer harus mampu dan mau menyesuaikan (diri) dengan disrupsi dan perubahan teknologi. Oleh sebab itu, STEAM dalam pembelajaran militer sangat di perlukan. Hari ini saya senang bisa bertemu di Akmil Magelang, di Lembah Tidar, kawahnya para prajurit TNI terbaik (dari) Angkatan Darat. Tempat menempa mental, intelektual dan ketangguhan,“ ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden berpendapat bahwa pembangunan Graha Utama Akmil seluas 8.068 meter persegi ini akan memberikan dorongan belajar yang lebih baik lagi. Karena sarana pendidikan di Akmil akan semakin lengkap, canggih dan modern, serta dapat di gunakan untuk pusat kegiatan akademis maupun acara militer.

“Saya berharap dengan penambahan fasilitas pendidikan ini, Akmil Magelang akan semakin maju dan menghasilkan banyak prajurit tangguh dan profesional, yang siap mendedikasikan kemampuan terbaiknya untuk menjaga persatuan dan kedaulatan bangsa demi kemajuan Indonesia,“ imbuhnya.

Sebagai informasi, Graha Utama Akmil di bangun oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan menjadi simbol keberlanjutan pembangunan dan modernisasi di sektor pertahanan Indonesia. Langkah ini juga menunjukkan perhatian yang komprehensif untuk memastikan bahwa lingkungan pendidikan di Akmil Magelang mendukung kemajuan serta berorientasi pada kualitas para calon perwira TNI AD nantinya.

Presiden Joko Widodo menandatangani prasasti peresmian gedung Graha Utama Akmil sebagai simbolis di resmikannya penggunaan gedung tersebut serta di lanjutkan dengan acara makan siang bersama para Taruna Akmil.

  • Bagikan