Dandim 1204 / Sanggau Launching Ternak Sapi SMK PDN

  • Bagikan

SANGGAU, IndoTimeNews.com –
Komandan Kodim 1204 /Sanggau Letkol Inf Putra Andika Trihatmoko melaksanakan launching ternak sapi Sekolah Menengah Kejuruan Plus Desa Nusantara (SMK PDN) Sanggau di Sekolah SMK PDN Engkayas Kelurahan Tanjung Kapuas Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau Kalbar, pada Rabu (7/2/24).

launching di hadiri Forkopimda, dinas terkait dan beberapa perwakilan perusaahan yang ada di Kabupaten Sanggau.

Dandim 1204 /Sanggau Letkol Inf Putra Andika Trihatmoko mengatakan sudah ada 15 ekor sapi yang di pelihara, baik pribadi maupun dari mitra Kodim 1204/ Sanggau.

“Setelah launching rencana nya kita akan mengajukan proposal ke pemerintah pusat, pemerintah daerah dan juga perusahaan perusahaan yang berada di Kabupaten Sanggau,” ujar Dandim.

Untuk pilot project kandang peternakan sapi di fokuskan di area sekolah SMK PDN dan kandang peternakan lainya berada di lokasi berbeda yakni di Desa Penyeladi Kecamatan Kapuas.

“Untuk peternakan sapi yang ada di Desa Penyeladi adalah yang terbesar sekitar 12 hektar dan itu di persiapan untuk kandang, dan lebih 83 hektar lahan warga yang nantinya akan di siapkan untuk menanam pakan sapi,” Jelas Dandim.

Dandim 1204 / Sanggau mengatakan tidak menutup kemungkinan kedepannya nanti SMK PDN dapat mengembangkan program lainya, seperti holtikultura, kuliner dan argo wisata.

Dalam kesempatan itu juga Kepala Sekolah SMK PDN, Mahatir Muhamad mengatakan SMK PDN memiliki 4 jurusan di antaranya agro bisnis ternak, agro bisnis perkebunan, akutansi dan komputer.

“Jadi sesuai jurusan kita memberikan pelatihan-pelatihan ke siswa yang ada di sini, untuk jumlah siswa sendiri SMK ada 297 siswa dan untuk non formal sebayak 300 lebih siswa,” terang Mahatir Muhamad.

Kepala Sekolah SMK PDN berharap program yang sudah di rencanakan oleh Dandim 1204/ Sanggau untuk kemajuan SMK PDN akan di jalankan semaksimal mungkin.

“Yang jadi problem kita ialah kurangnya ruang kelas di sekolah dan asrama karna murid-murid yang ada di sini bukan hanya dari Kabupaten Sanggau saja melainkan dari Kabupaten lain seperti Kubu Raya, Kapuas Hulu, Sintang, Sekadau dan dari Kabupaten lainya, jadi kita butuh support dari pemerintah daerah agar SMK PDN menjadi sekolah yang dapat di banggakan,” pungkasnya.

  • Bagikan