Auditor Disbunak Kalbar Melaksanakan Audit Nomor Kontrol Veteriner di Gudang Pendingin Sekayam

  • Bagikan

SANGGAU, IndoTimeNews.com – Auditor Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat didampingi tim Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau melaksanakan audit Nomor Kontrol Veteriner (NKV) gudang pendingin disalah satu unit usaha di Sekayam, Kabupaten Sanggau.

“Tujuan kita melaksanakan audit NKV tujuannya untuk menilai tingkat kesesuaian persyaratan higiene dan sinitasi,” kata Heronimus Hero Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar. Seperti yang dilansir dari rri, Rabu 20 Mei 2024.

Bagi unit usaha yang telah memenuhi persyaratan higiene dan sanitasi pada rantai produksi produk hewan secara terus menerus perlu diberi sertifikat Nomor Kontrol Veteriner.

Kadis Disbunak Kalbar ini pun menjelasakan berdasarkan hasil audit yang telah dilakukan oleh tim auditor NKV Provinsi, bahwa gudang pendingin ini mendapatkan NKV level 3 atau kategori Cukup.

Heronimus menambahkan, unit usaha ini sudah menerapkan hiegeine sanitasi pada rantai produksi produk hewan secara terus menerus sehingga bisa mengirimkan produk hewannya antar kabupaten dalam satu provinsi. Unit usaha gudang pendingin ini masih bisa naik ke level 2 atau kategori Baik apabila temuan mayor atau minor yang disampaikan oleh tim audit NKV Provinsi Kalimantan Barat segera ditindaklanjuti dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Penentuan level NKV oleh tim auditor ini merujuk pada Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner Unit Usaha Produk Hewan. Dengan dikeluarkannya level NKV pada salah satu unit usaha di perbatasan ini, maka Kabupaten Sanggau memiliki dua unit usaha yang telah memenuhi persyaratan teknis hiegeine sanitasi.

Heronimus menyampaikan dengan mendapatkan NKV pada unit usaha di daerah perbatasan menunjukkan bawa tingkat kesadaran pelaku usaha dalam penjaminan produk hewan di Kabupaten Sanggau mulai tumbuh. Sehingga tidak menutup kemungkinan jumlah pelaku usaha yang memiliki NKV akan bertambah.

  • Bagikan