Bupati Bengkayang Menghadiri Acara Pembukaan Gawia Sowa Dayak Bidayuh Bijagoi

  • Bagikan

BENGKAYANG, IndoTimeNews.com – Gawia Sowa Dayak Bidayuh Bijagoi, Jagoi Babang adalah perayaan Adat yang sangat penting bagi masyarakat Dayak Bidayuh di Kabupaten Bengkayang khususnya yang ada di Kecamatan Jagoi Babang. bertempat di Kampung Adat Bung Kupu’ak dibuka oleh Staf Ahli Mentri Bidang Inovatif dan Kreatif Restog Krisna. Senin 3 Juni 2024.

Dimana Perayaan ini merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan kepada leluhur yang telah mendirikan kampung ini beberapa tahun yang lalu, perayaan ini juga merupakan bentuk syukur dan Doa kepada Tuhan yang Maha Esa atas segala nikmat dan berkah yang telah diberikan kepada masyarakat kampung ini.

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis dalam sambutannya mengatakan di samping itu, perayaan yang kita ikuti hari ini juga menjadi ajang untuk melestarikan dan mengembangkan Kearifan lokal, Seni Budaya, dan Tradisi leluhur masyarakat Dayak Bidayuh khususnya kaum Bijagoi.

“Saya sangat mengapresiasi upaya masyarakat kampung ini dalam menjaga dan memelihara warisan budaya mereka. Saya juga mengagumi semangat dan kebanggaan mereka dalam memelihara kekayaan budaya mereka kepada Dunia,” ucap Darwis Bupati Bengkayang.

Gawia Sowa yang ke-184 pada tahun ini adalah agenda rutin tahuna Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Bengkayang dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang yang sudah terdaftar dalam kalender kebudayaan dan pariwisata Pemerintah Kabupaten Bengkayang.

“Oleh karena itu, Saya mengajak lapisan seluruh Masyarakat Kabupaten Bengkayang untuk mendukung dan mempromosikan kekayaan Budaya Dayak Bidayuh khususnya kekayaan Dayak Bidayuh Bijagoi yang kita nikmati hari ini,” katanya.

“Kemudian dalam kesempatan ini juga Saya juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bengkayang untuk menjaga kerukunan, Toleransi, dan Persatuan ditengah kebersamaan Suku, Agama, dan Budaya yang ada di daerah kita. Saya yakin bahwa dengan kita bersatu padu kita dapat mencapai Visi kita yaitu “Bengkayang Maju, Unggul, dan Berdaya Saing,” ucapnya.

Akhir kata Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis berharap acara ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan Sukses.

“Selamat Merayakan Gawia Sowa Dayak Bidayuh Bijagoi tahun 2024. Semoga acara ini dapat meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air,Rasa Hormat terhadap leluhur,rasa syukur terhadap Tuhan yang Maha Esa dan Rasa persaudaraan antara sesama Manusia,” tutup Darwis Bupati Bengkayang.

Adapun yang hadir Staf Ahli Menteri Bidang Inovatif dan Kreatif Restog Krisna, Pj Gubernur Kalimantan Barat oleh Asisten 2 bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sekda Provinsi Kalimantan Barat Drs.Ignasius IK, SH, M.Si, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat Alexander, Walikota Pontianak, Walikota Singkawang, Para Bupati Se-Kalimantan Barat, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Se-Kalimantan Barat, Kepala Balai Wilayah Kemdikbud Wiltek Wilayah Kalimantan Barat, Direktur Telkom Wilayah Kalimantan Barat,Tim Indonesia Econturism Network, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat, Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Forkopimda Bengkayang, Anggota DPRD Kabupaten Bengkayang, Pimpinan OPD Se-Kabupaten Bengkayang, Camat Jagoi Babang, Forkopimcan Jagoi Babang,Kepala PLBN Jagoi Babang, Ketua DAD Kabupaten Bengkayang, Ketua DAD Kecamatan Jagoi Babang, Pemuka Adat, Pemuka Agama,Tokoh Masyarakat, Para Kepala Desa, Kepala Kampung Serikin Malaysia, Kepala Binua Dayak Bidayuh Bijagoi, dan Seluruh Masyarakat Jagoi Babang dan Masyarakat Kabupaten Bengkayang.

  • Bagikan