Babinsa Koramil 1209-07/Jgb Dampingi Pembinaan Ketahanan Pangan Petani

  • Bagikan

BENGKAYANG, IndoTimeNews.com – Sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan, khususnya swasembada pangan, Babinsa Koramil 07/Jgb, Praka Adi Sugiyanto laksanakan pendampingan petani jagung dalam rangka pembinaan ketahanan pangan untuk peningkatan produksi dan kualitas pangan di Dusun Sindang Kasih, Desa Kumba, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalbar. Selasa (9/7/24).

Peran Babinsa bukan hanya dalam keamanan wilayah, tetapi juga dalam mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan, mereka hadir untuk membantu petani dalam proses bercocok tanam dan panen, sebagai wujud kepedulian TNI AD, khususnya Koramil 07/Jgb dalam mendukung program swasembada pangan pemerintah.

Menurut Babinsa, kegiatan ini adalah salah satu metode untuk mengumpulkan informasi tentang produktivitas hasil jagung per hektar,dengan demikian mereka dapat memprediksi jumlah produksi jagung yang akan dihasilkan di lahan.

Pemberdayaan yang melalui kedekatan dengan para petani dengan bersosialisasi, menghimbau, penyuluhan bahkan terjun langsung di lapangan untuk melihat kondisi petani dalam mewujudkan ketahanan pangan daerah serta sebagai upaya dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan stabilitas pangan daerah di wilayah desa binaannya.

Lain kesempatan Dandim 1209/Bky, Letkol Inf. Albertinus Mariano S.E., menekankan agar para Babinsa melakukan pekerjaan pendampingan bukan hanya waktu panen saja, tetapi saat penyemaian bibit, pengolahan lahan, perawatan sampai dengan pelaksanaan panen.

“Seperti halnya saat ini yang dilakukan para Babinsa selalu hadir sebagai wujud rasa kepedulian terhadap para petani jagung dalam menciptakan ketahanan pangan,” pungkas Dandim.

Penulis: Rinto Andreas/Pendim 1209/BkyEditor: Redaksi Sumber Berita
  • Bagikan